Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Lewat HP

cara membuat blog gratis untuk pemula

Cara membuat Blog gratis untuk pemula lewat HP menggunakan platform Blogger milik Google dengan dilengkapi panduan optimasinya.

Jejakterkini - Di era digital, kehadiran online sangat penting bagi hampir setiap orang. Baik mereka pemilik usaha kecil atau hanya penyuka hobi yang ingin mengubahnya menjadi minat.

Memulai sebuah blog mungkin adalah langkah terbaik untuk menemukan audiens yang tertarik dengan hobi Anda seperti berbagi beberapa resep makanan favorit, memamerkan hasil kerajinan, atau mengedukasi calon pelanggan tentang produk dan layanan.

Bisa juga membagikan segala sesuatu yang bermanfaat kepada semua orang, entah itu pengalaman pribadi maupun ilmu pengetahuan.

Apabila kita mampu mengelola blognya dengan benar, bukan mustahil akan berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan, keren banget bukan?

Apa itu Blog?

Blog adalah jenis situs web yang berpusat disekitar "Postingan/artikel" dimana merupakan entri individual, terutama berisikan Teks, Gambar, dan Video.

Setiap postingan dilengkapi judul, diskripsi singkat, hingga beberapa meta tambahan lainnya. Ketika dipublikasikan, pembaca dari seluruh dunia akan melihat artikel tersebut bahkan dapat memberikan komentar.

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang ingin berbagi informasi tentang kehidupannya, hobinya, atau bisnisnya dengan orang asing di internet.

Faktanya adalah mereka suka membaca melalui internet, sehingga popularitas blog semakin meningkat dan menjadikannya salah satu alat pemasaran terbaik sampai detik ini.

Kenapa Harus Menggunakan Blogger

Saat ini sudah umum bagi perusahaan maupun individu untuk membuat blog khusus mereka sendiri, tetapi blogging menjadi populer melalui platform WordPress dan Blogger/blogspot.

Namun, jenis platform seperti BlogSpot memungkinkan tanpa pembelian domain atau hosting web, meskipun menawarkan sumber daya terbatas dibandingkan WordPress (SelfHosting).

Berikut beberapa keunggulan yang dapat kita manfaatkan jika menggunakan layanan milik Google ini.

  • Gratis sekaligus mudah dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun.
  • Mendukung Mobile Friendly, dimana dapat dikelola langsung lewat HP.
  • Banyak pilihan template secara default dan dari penyedia sumber ketiga.
  • Mudah dikustomisasi ke domain TLD.
  • Support keamanan tingkat tinggi melalui ketersediaan protokol SSL "HTTPS."
  • Bisa langsung di daftarkan ke Google Adsense, walaupun masih berstatus SubDomain.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Nah, apabila Anda tertarik untuk memulainya, ada proses yang harus diikuti jika ingin melakukannya dengan benar. Jadi, silahkan simak beberapa langkah dasar seperti kami uraikan di bawah ini.

1. Membuat Akun Google

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah registrasi terlebih dahulu jika belum memiliki Accounts Google atau lihat panduan lengkap Cara Membuat Email Baru.

2. Pilih Nama

Selanjutnya, buka situs Blogger.com dari browser perangkat, klik tombol "Create Your Blog" di bagian tengah platform. Kemudian, masukkan email yang barusan Sobat buat tadi.

Setelah itu, isikan judul yang relevan dengan bisnis atau subjek konten mu, dimana nantinya akan menjadi branding Anda > Tekan Berikutnya.

pilih nama blog

Biasanya, para web profesional dan audiens lebih tertarik pada nama potensial agak pendek, menarik, serta unik.

3. Pilih URL

Seterusnya, mendaftarkan nama subdomain, dimana merupakan alamat untuk membuka situs web.

Idealnya, masukan URL yang singkat serta langsung pada sasaran, sehingga nantinya mempermudah bagi orang mengetik atau mencarinya di mesin penelusuran.

Apabila pesan menunjukkan warna merah berarti URL mu sudah ada pemakaian, jadi silahkan ganti dengan alamat lain > Tab "Simpan."

pilih alamat url blog

Sampai tahap ini, proses pembuatan blog Anda sudah berhasil, langkah berikutnya adalah mengoptimasinya.

Cara Optimasi

Sekarang, mari kita melangkah ke tahap bagaimana mengkonfigurasinya agar bisa menjadi dioptimalkan. Ini penting supaya mudah dirayapi oleh search engine.

Diskripsi Singkat

Deskripsi adalah keterangan singkat yang merangkum totalitas dari isi sebuah blog, biasanya mendifinisikan tentang konten secara keseluruhan untuk memberi tahu pengunjung dan mesin pencarian.

Pada menu pengaturan blogger, tambahkan deskripsi Anda. Disarankan memasukkan 110 - 150 karakter/kata.

deskripsi singkat blog

Aktifkan SSL "HTTPS"

Secure Socket Layer atau SSL merupakan protokol scurity berbasis enkripsi yang sering digunakan pada situs. Ini menjadi sistem keamanan standar dengan bekerja mengenksripsi lalu lintas data dari klien web ke server, atau browser ke website.

Jika sebuah website tidak menggunakan protokol SSL, maka browser akan memberikan peringatan kepada pengunjung bahwa itu kurang aman.

Blogger sendiri telah menyediakan mode tingkat keamanan HTTPS ini secara gratis, kamu dapat mengaktifkannya di panel pengaturan.

aktivasi protokol ssl blog

Aktifkan Robots TXT

Robots.txt berfungsi memberi perintah kepada search engine apakah suatu halaman ingin dirayapi atau tidak sama sekali.

Dalam file robots.txt terdapat beberapa istilah dengan pengertian sebagai berikut:

  • User-Agent: Hanya mesin pencari yang boleh merayapi seperti Googlebot, Bingbot, Yahoobot, dll.
  • Disallow: Mesin bot dilarang untuk mengcrawl/mengindeks.
  • Allow: Diperbolehkan atau diijinkan merayapi.
  • Sitemap: Peta situs yang digunakan pada blog/website.

robots custom blog

Sobat bisa mengaktifkan Robots Kustom dan memasukkan kode di bawah ini.


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: nama-blog-anda/sitemap.xml

Note: Ganti dengan alamat URL Anda.

Juga, aktifkan fitur Custom Header Robot Tags atau Tag tajuk robots khusus, kemudian atur konfigurasinya seperti berikut:


Tag halaman beranda: All & Noodp
Tag halaman arsip dan penelusuran: All & Noindex
Tag postingan dan halaman: All & Noodp

pengaturan tag robot kustom

Feed Situs

RSS Feed memiliki fungsi sebagai alat pembaruan ketika situs menambahkan konten baru, dimana akan ditampilkan secara otomatis kedalam database.

Kemudian, disebarkan ke publik yang lebih luas termasuk ke search engine, langganan via email dan seterusnya.

Mengatur feed menjadi pendek merupakan suatu keuntungan tersendiri, pasalnya postingan akan terlihat terpotong bukan terkirim penuh. Sehingga, dapat terhindar dari Auto Generated Content (AGC) maupun pencurian konten.

Pada blogger, atur setelan RSS Feed Anda dari Full "Penuh" ke pendek "Shot."

izinkan feed blog

Atau, membuat kustom feed di Feedburner Versi Terbaru.

Pilih Tema

Setelah semua pengaturan sudah selesai, selanjut mari beralih ke pemilihan template. Tab "TEMA" lalu temukan template yang cocok dengan kriteria Anda > Tekan Save.

memilih tema blogger

Juga, bisa mencoba salah satu tema dari rekomendasi kami berikut: Template Blogger Responsive SEO Frendly

Membuat Postingan Pertama

Menulis postingan adalah bagian terpenting dalam menjalankan sebuah blog. Sebelum memulai, kamu harus memikirkan tentang topik yang ingin dibuat secara matang.

Jika mau bertahan lama di dunia blogging, disarankan agar tetap konsisten dengan membuat artikel reguler sesuai bidang keahlian Anda.

Untuk memulai, klik "Postingan baru" di panel navigasi > Pilih opsi Compose (Jangan mode HTML, kecuali Sobat sudah memahaminya).

Silahkan lihat bagaimana Tips Sebelum Mempublikasikan Artikel Baru.

Submit ke Webmaster

Search console (Webmaster) merupakan kebutuhan dasar bagi setiap pengelola website untuk mendeteksi keberadaan mereka di mesin pencari.

Dengan mengaitkannya ke alat SEO ini, maka secara otomatis blog Anda akan ditampilkan di halaman penelusuran. Pada akhirnya, membantu meningkatkan penggunjung serta lalu lintas organik.

So, silahkan simak panduannya Cara Submit Blog Ke Webmaster Tools.

Kesimpulan

Kemampuan blogging dapat menjadikan sarana yang ampuh untuk pemasaran konten, meningkatkan bisnis, hingga memperkenalkan merek Anda ke masyarakat luas.

Seiring waktu, cara membuat blog gratis juga semakin mudah dan tidaklah sesulit kedengarannya. Bahkan, bisa dilakukan lewat ponsel tanpa harus menggunakan desktop.

Hanya saja, kamu perlu memilih nama blog yang tepat, serta mempertimbangkan tentang topik apa yang mau dibagikan kepada para audiens untuk jangka panjang.

Sources: Jejakterkini.com

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Lewat HP"