Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis

cara mendapatkan backlink berkualitas gratis

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis sebagai teknik SEO paling paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan trafik organik Anda.

Seperti kita ketahui bahwa memilik banyak backlink akan turut mendongkrak nilai DA, PA, dan DR sehingga halaman di SERPs juga cepat mengalami kenaikan posisi.

Namun jika salah dalam penerapannya, maka bisa berdampak buruk pada perkembangan website/blog dikemudian hari.

Bagi para pemula, justru merasa sedikit kesulitan bagaimana teknik mendapatkannya, tetapi tidak untuk mereka yang sudah berpengalaman.

Nah, Jika kalian masih tergolong baru di dunia blogging, silahkan baca artikel ini sampai selesai agar dapat menemukan jawabannya.

Apa itu Backlink?

Intinya adalah sebuah tautan luar yang mengarah ke halaman domain root, atau menghubungkan kembali dari URL lain ke website Anda.

Pada dasarnya, ini memiliki 2 tipe yaitu DoFollow: URL yang bisa diidentifikasi oleh webmaster, sedangkan NoFollow: hanya bisa dikenali manusia atau diabaikan search engine.

Namun ketahuilah bahwa keduanya berpotensi cukup besar dalam meningkatkan skor DA/PA.

So, berikut 5 cara mudah mencari Backlink gratis berkualitas untuk mendongrak reputasi blog Anda dan agar lebih bersahabat dengan mesin penelusuran.

1. Guest Blog

Menurut pakar SEO, blog tamu merupakan praktik dimana kita berkesempatan menulis konten untuk orang lain. Istilahnya sederhana, mereka dapat artikel sementara Sobat memperoleh keuntungan berupa link gratis.

2. Bergabunglah dengan Forum

Selanjutnya, manfaatkan sejumlah komunitas populer seperti XDA Developer, Yahoo, Kaskus, Quora, Reddit, Detik, dsb sehingga bisa menghasilkan otoritas ke situs Anda.

3. Berkomentar Pada Website Terkenal

Pepatah mengatakan: berikanlah nilai kepada seseorang, maka kamu akan mendapatkan imbalannya.

Hal ini juga berlaku dalam dunia SEO, jika Sobat berkomentar secara relevan di beberapa situs Top, maka bukan mustahil akan meraup imbalan berupa tautan balik DoFollow atau NoFollow.

4. Komen di Situs GOV dan EDU

Gov/Edu rata-rata memiliki skor DA yang tinggi, jadi ini menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk memperoleh tautan mereka.

Tetapi ingat, berkomentarlah dalam kontek yang relevan, sesuai topik, bahkan kalau perlu berkaitan dengan Niche Anda.

5. Amati Backlink Kompetitor

Langkah terakhir adalah mencari tahu URL kompetitor, kemudian analisa di Ubersuggest, kenapa mereka mampu menduduki halaman teratas atau page one.

Lakukan penelitian dan cek sumbernya, karena hal tersebut juga bisa diterapkan pada blog Sobat.

Contoh BL Profile

Informasi: Tautan rusak/broken link akan menyebabkan penurunan seluruh aspek SEO Anda. Jika ada segera temukan dan hapus.

Kesimpulan

Membangun Backlink adalah salah satu langkah paling efisien untuk menaikan peringkat atau mendorong lebih banyak trafik pengunjung.

Demikian, bahwa kemenangan akan diberikan kepada Anda yang tahu bagaimana menerapkan teknik ini dengan benar.

So, itulah tips mencari Backlink berkualitas secara gratis khusus pemula dan pastinya tidak mengeluarkan uang seperpun, selamat mencoba Guys.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis"