6 Cara Mencari Keyword SEO | Blog Terkini: 6 Cara Mencari Keyword SEO
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mencari Keyword SEO

tools riset keyword gratis

Tidak memiliki anggaran untuk menemukan alat research kata kunci? Maka silahkan simak postingan tentang Tools riset keyword gratis berikut sebagai saran Anda.

Era teknologi digital telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, tak terkecuali di ranah internet marketing. Jika kalian mempunyai suatu bisnis, sudah pasti harus memikirkan planning demi memasarkan produk Anda.

Sedangkan bagi seorang blogger, juga wajib menentukan arah dalam pengelolaan artikel agar mampu bersanding di halaman utama "SERPs."

Nah, untuk meraih banyak pengunjung, kita memerlukan alat SEO yang tepat. Sebuah piranti pengukur seberapa besar volume persaingan frase tertentu di search engine.

Berikut cara mencari keyword SEO menggunakan tools bebas biaya sebagai referensi dan rekomendasi buat Anda.

1. Google Trends

Google Trends memvisualisasikan Popularitas pencarian relatif dari waktu ke waktu. Misalnya, jika melihat istilah "iphone" selama lima tahun terakhir ia terus melonjak.

Hal ini dapat membantu dalam perencanaan kalender konten. Ketertarikan pada istilah di atas memuncak setiap bulan tertentu ketika Apple meluncurkan model baru.

Kalau kita menjalankan blog teknologi, masuk akal untuk memperbarui dan menerbitkan ulang posting terkait kata tersebut.

Tak begitu cepat, karena rata-rata diambil dari 12 bulan terakhir. Namun, jika Sobat memiliki toko online maka harus memprioritaskan frase yang lebih spesifik, Contoh: "apple watch series 5.”

2. Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat penelitian kata kunci gratis, dikembangkan oleh Neil Patel sejak 2017. Begitu populer dikalangan Blogger maupun Marketplace karena menyediakan semua toolkit di bawah satu platform.

Termasuk: long tail keyword untuk menghasilkan ide konten yang relevan kepada audiens, memperbaiki kesalahan SEO website, dan menemukan backlink para rivals.

Namun harap diingat Guys! bahwa Ubersuggest hanya membatasi total 3 kesempatan bagi penguna non-registrasi perhari. Kemudian kalian harus menunggu selang 24 jam atau upgrade ke premium jika ingin mendapatkan akses unlimited.

3. WordStream

Cara mencari keyword SEO selanjutnya adalah melalui WordStream, sebuah periklanan online berdomisili di Boston dan pertama kali didirikan tahun 2007 silam oleh Larry Kim.

WordStream tidak hanya menawarkan perangkat lunak berbayar maupun layanan konsultasi gratis, melainkan juga menghadirkan rangkaian tools yang solid untuk membantu pengguna mengevaluasi kinerja pemasaran digital mereka.

Bekerja pada mesin telusur utama Google dan Bing. Disana, kamu bisa melihat item berdasarkan URL tertentu, industri atau lokasi.

Caranya gampang: cukup ketikan kata pilihan, atur parameter sesuai keinginan > klik tombol "Find my Keywords."

Kemudian akan muncul beberapa rekomendasi, seperti tampilkan volume pencarian, biaya per klik (BPK) dan tingkat persaingan.

4. Keywordtool.io

Kalau Sobat ingin meningkatkan jumlah pengunjung untuk meningkatkan trafik organik? maka Keywordtool.io adalah teman analisis terbaik Anda.

Sebuah situs web pihak ketiga yang mengaplisisikan semua indeks kata kunci di platform populer seperti: Google, Youtube, Bing, Amazon, eBay, Play store, Instagram dan Twitter.

Tetapi, versi gratisnya tidak menyediakan informasi tambahan secara detail. Sebaliknya, kamu wajib berlangganan paket premium untuk memperoleh seluruh data, diantaranya:

  • Volume penelusuran: rata-rata berapa kali orang mencari frase dalam tempo perbulan. Sehingga, dapat menjadi lalu lintas potensial Anda.
  • Tren: menunjukkan popularitas selama rentang satu tahun terakhir.
  • CPC: perkiraan jumlah tarif "BPK" yang dibayar pengiklan di AdWords.
  • Kompetisi: level persaingan terhadap setiap jenis frase. Metrik membantu memahami seberapa kompetitif kata tersebut (Rendah: 0-34, Sedang: 35-69, dan Tinggi: 70-100).

5. Keyword Surfer

Berikutnya, sebuah mesin SEO yang dipakai oleh digital marketing selama bertahun-tahun dalam menentukan peringkat website mereka di SERPs.

Keyword Surfer menjadi sangat populer karena bekerja hanya dengan menginstall ekstensi di peramban chrome desktop. Demikian, maka tugas apapun akan lebih cepat dari sebelumnya.

Ditambah lagi, bahwa siapa pun bisa memiliki alat SEO ini dengan waktu yang lama tanpa membayar sepeserpun. Kamu nggak perlu mengeluarkan uang atau terkena batas harian.

Disini, ia menunjukkan besaran jumlah pencarian lokal bagi beberapa negara, termasuk Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Brasil, Prancis, dan Jerman.

Bahkan, ada juga opsi penonaktifan penelusuran global, memungkinkanmu menyalin kemudian mengunduh semua data berformat CSV ke PC. Tetapi, Satu-satunya downside adalah tidak ada peluang mendapatkan research secara massal.

6. Google Suggestions

Google merupakan alat riset kata kunci paling kuat di planet ini. Menawarkan banyak ide dengan jumlah tak terbatas untuk membantumu menemukan hasil yang paling relevan.

Nah sebagai permulaan, coba perhatikan tiga kotak "Orang juga bertanya," "Orang lain juga menelusuri," dan "Penelusuran terkait" dimana muncul pada queri formulir. Itu bisa menjadi bahan alternatif pembuatan artikel.

Ada banyak faktor penting dalam SEO, namun ingat satu hal: Kalau kamu ingin memberi peringkat, maka konten harus selaras dengan maksud pencarian.

Agar dapat melakukan keputusan nyata tentang daya saing, kita wajib menganalisis 10 situs di posisi Page One.

Intinya, jangan pernah mengabaikan Google Suggestions hanya sekedar mesin penelitian. Tetapi, bagaimana pengguna memahami apa yang mereka butuhkan.

Note: Selain Google, hampir semua search engine menghadirkan saran serta istilah terkait mereka sendiri seperti Bing, Yahoo, atau DuckDuckGo.

Penutup

Tools riset Keyword adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap pemasar digital di gudang senjata mereka. Apakah baru memulai, atau profesional tingkat senior berpengalaman.

Ada dua jenis tersedia di luar sana, pertama berbasis web spesifiknya dan menambahkan plugin di browser Chrome. Pastinya, Sobat tidak perlu membayar ongkos serupiah pun demi menikmati layanan tersebut.

Semoga, 6 cara mencari keyword SEO ini mampu memberimu peluang besar dalam memasarkan konten online Anda.