Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Sebelum Mempublikasikan Artikel Baru

tips sebelum mempublikasikan artikel baru blogger

Tips sebelum mempublikasikan artikel baru - Ada beberapa hal penting yang harus Sobat periksa terlebih dahulu setelah selesai membuat artikel sebelum mulai diterbitkan.

Saat ini, waktu adalah sumber daya paling berharga bagi seorang Blogger. Oleh karena itu, luangkan sejenak untuk memeriksa dan memastikan bahwa konten Anda telah dioptimalkan dengan SEO terbaik.

Lantas, faktor apa saja yang harus dilakukan sebelum mempublish postingan baru? Bagaimana memaksimalkannya agar mendapatkan banyak sumber trafik organik?

Nah, jika Anda adalah pendatang baru di dunia Blogging, mungkin bisa disimpulkan bahwa kamu masih minim pengalaman tentang teknik SEO.

Jadi sekali lagi kami sarankan, jangan buru-buru menekan tombol publish, melainkan periksa sejenak kesiapan SEO Anda.

10 Tips Sebelum Mempublikasikan Artikel Baru di Blogger

Setiap poin di sini, akan mempengaruhi hasil penelusuran artikel Anda di SERPs, sehingga mampu mendorong lalu lintas besar-besaran ke blog/web Anda, diantaranya adalah:

1. Judul Postingan

Buat judul post semenarik mungkin, pasalnya secara tidak langsung akan merangsang atau membikin penasaran pengunjung.

Bukan hanya itu saja, taruh juga keyword di Tag title ini, sebab disanalah letak poin vitalnya.

2. Tautan Permanen

Kalau di bagian permalink, jangan membuat tautan yang terlalu pendek atau bahkan terlalu panjang (Min: 10 karakter, max: 70 karakter), serta bubuhkan pula kata kunci Anda.

3. Deskripsi Penelusuran

Tulis deskripsi yang menjelaskan secara singkat tentang isi keseluruhan artikel (Rangkuman), biasanya terdiri dari 110 - 150 karakter. Jangan lupa, sisipkan keyword utama di dalamnya.

4. TAG, Kategori atau Label

Postingan juga wajib diklasifikasikan dengan Tag, Label/kategori, agar memudahkan para audien menavigasi seluruh laman terkait sekaligus meningkatkan pengalaman mereka.

5. Tambahkan Lokasi

Seterusnya, apabila Sobat ingin mengarahkan trafik organik berdasarkan wilayah atau negara, maka tentu saja harus menambahkan lokasi. Jika tidak, silahkan abaikan fitur ini.

6. Periksa Ejaan dan Tata Bahasa

Tata bahasa (Grammar) merupakan elemen lainnya yang dapat menentukan reputasi online Anda. Jika acak-acakan, akan memberi pengalaman buruk bagi pembaca.

Jadi, selalu memeriksa ejaan, tata bahasa dan pemformatan konten dengan benar supaya memastikan tidak ada salah ketik.

7. Atribut Pada Gambar

Atribut gambar memiliki peranan penting dalam optimasi SEO. Hal pertama ketika Search Engine menganalisa sebuah gambar adalah meninjau perlengkapan atribut.

Masukkan atribut seperti ALT, TITLE dan CAPTION untuk memaksimalkan pengindeksan gambar di mesin telusur.

8. Properti H1 - H6, Bold, dan Italik

Gunakan heading dan sub-heading dari tag H1 hingga H6, properti ini bisa membantu mesin pencarian memprioritaskan judul serta sub-judul.

Selain itu, bubuhkan juga frase Tebal (Bold) dan miring (Italik) agar mendapatkan lebih banyak perhatian (Keterbacaan) pada kata kunci yang menggambarkan subjek artikel.

9. Internal Link

Tautan internal bertujuan untuk memberitahukan kepada pembaca dan search engine tentang adanya keterkaitan antara halaman.

Masukkanlah 1 atau 2 internal link (Jangan berlebihan karena bisa dianggap spam), juga saling berhubungan satu sama lain sesuai tema artikel baru tersebut.

10. Buat Konten SEO Friendly

Terakhir, ada sejumlah pertimbangan yang wajib kamu lakukan dari sudut pandang SEO, apabila ingin menjaring lalu lintas penelusuran dan meningkatkan PageRank.

Mencakup: penempatan struktur kata kunci tepat sasaran, baik Long Tail Keyword, Density, LSI Keyword, maupun jumlah frase/karakter postingan.

Pentutup

Demikianlah daftar periksa cepat sebelum meluncurkan artikel baru. Analisa poin-poin apa saja yang perlu ditambahkan agar waktu berharga Anda tidak terbuang sia-sia, terimakasih.

Posting Komentar untuk "10 Tips Sebelum Mempublikasikan Artikel Baru"