Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Submit Blog ke Google dan Bing Webmaster Tools

cara daftar google dan bing webmaster

Cara Mengaitkan (Submit) Blog ke Google dan Bing Webmaster Tools - Search console adalah kebutuhan dasar untuk mengoptimalkan, mendiagnosa serta mendeteksi keberadaan suatu website di mesin telusur.

Sementara itu, ada banyak alat SEO yang tersedia saat ini, tetapi hanya Google atau Bing saja sebagai webmaster populer yang paling banyak digunakan.

Nah, bagi seorang pemula yang kemungkinan besar belum mengetahui bagaimana cara memverifikasi blog mereka di kedua console tersebut, mari simak panduan di bawah ini.

Cara Verifikasi Blog ke Google Search console (GSC)

Google Webmaster adalah alat yang ampuh untuk pelacakan sebuah website, dapat meningkatkan lalu lintas organik, serta mengumpulkan semua data pada search engine sesuai permintaan pengguna.

Jadi, sekali lagi sangat penting untuk memverifikasinya agar keberadaan web Anda diketahui oleh banyak orang, sekaligus membuktikan bahwa kamu benar-benar pemiliknya secara legal.

1. Buka Google Search Console menggunakan email terkait Anda > Klik tambahkan properti, lalu masukkan alamat URL > Tekan tombol kirim.

2. Selanjutnya, akan muncul beberapa metode verifikasinya, seperti Root domain, Tag manager dan Analytics. Tapi, kamu pilih aja Tag HTML supaya mempermudah pemasangan.

3. Salin kode yang diberikan, kemudian tempelkan ke template HTML diantara <head> atau </head> > Simpan.

4. Setelah menempatkan kode dengan benar, segera beralih kembali ke GSC untuk melakukan proses verifikasi.

cara verifikasi blog di google search console

Kini, kamu bisa mengoptimasi blog/web Anda termasuk mengirim peta situs/sitemap, meninjau pengindeksan halaman, menguji atau Optimasi Robots.txt, dll.

Cara Submit Blog ke Bing Webmaster Tools

Bing merupakan layanan gratis dari Microsoft untuk mengirimkan situs web mereka dan mendapatkan laporan SEO komprehensif serta informasi terkait.

Faktanya, ada banyak fitur yang bahkan tidak tersedia di GSC dapat kalian temukan disini, sehingga tak ada alasan mengabaikannya.

Bing berbagi sekitar 25 persen pangsa mesin pencarian di internet. Jadi, ini cukup berperan besar untuk mencapai tujuan Anda dalam menjaring banyak pengunjung.

Sama seperti alat webmaster lainnya, kita hanya perlu membuat akun gratis lewat Microsoft Live, atau menghubungkannya via gmail Google.

Oh iya, asal kalian tahu bahwa Yahoo adalah bagian dari jaringan Bing, artinya tidak usah submit secara terpisah karena automatis akan terhubung.

Sekali lagi, meskipun mungkin tak sepopuler GSC, namun mengaitkan blog Anda ke tools ini juga tidak kalah pentingnya.

1. Kunjungi Bing Webmaster, silahkan daftar terlebih dahulu atau bisa menyambungkannya lewat akun Google/Facebook Anda.

2. Setelah itu, masukkan alamat URL dengan memencet ikon tiga strip di kiri atas > Tambah situs "add a site."

3. Sekarang, kamu akan diberikan dua opsi pilihan yaitu import melalui GSC tanpa perlu langkah verifikasi, atau menambahkan secara manual.

import site bing webmaster

4. Jika menggunakan opsi manual, Sobat wajib menyalin meta tag HTML, lalu menempatkannya pada tema blog yang proses pemasangannya sama persis seperti di GSC.

5. Setelah menyimpan kode tersebut, beralihlah kembali ke Bing Webmaster > Tekan tombol verify.

pasang tag html bing webmaster

6. Terakhir, kirim sitemap dalam format XML dan manfaatkan semua kontrol konfigurasi dari fasilitas yang mereka miliki.

submit sitemap bing webmaster

Kesimpulan

Dalam hal optimasi sebuah situs web, kita harus memastikan bahwa menghubungkannya ke semua mesin pencarian bukan hanya satu.

Google merupakan Search Console terpopuler saat ini diikuti oleh Bing yang banyak dipakai para pemilik website seluruh dunia.

Dengan mengaitkan kedua layanan tersebut, maka blog Anda akan terindeks di search engine, sehingga memudahkan orang-orang menemukannya di internet.

Posting Komentar untuk "Cara Submit Blog ke Google dan Bing Webmaster Tools"