Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mencegah Komentar Spam Otomatis di Blogger

cara mencegah komentar spam di blogger

Cara mencegah dan menangkal komentar spam di Blogger secara otomatis dengan menambahkan atribut nofollow.

Arsitektur Search Console akan selalu mengawasi setiap tautan yang mengarah ke setiap situs, sebagian besar link tersebut biasanya mengarah pada formulir komentar.

Sepeti kita ketahui bahwa SEO adalah bagian terpenting dari sebuah blog/website, tanpa itu kamu akan terlempar di ranking SERPs, serta tanpa pernah mendapatkan lalu lintas organik pada mesin telusur.

Bagi mereka yang berpengalaman pastinya tahu bagaimana cara menempatkan diri dijalur yang benar. Nah salah satunya adalah membuat relasi nofollow di setiap tautan eksternal.

Apa itu Nofollow?

Intinya adalah properti yang dapat disisipkan ke dalam alamat URL, ini berfungsi untuk mencegah/menangguhkan link SPAM.

Nofollow memberi jalan kepada search engine agar tautan tersebut jangan di ikuti. Sehingga, sementara waktu tidak akan ditambahkan kedalam pengindeksan.

Jadi, supaya terhindar dari efek Google Panda dan spam, sangat penting menambahkan atribut ini ke komentar postingan Anda.

Pertanyaannya sekarang bagaimana cara membuat Link sebagai nofollow secara otomatis? Yok simak baca terus sampai akhir untuk memperoleh jawabannya ya Guys.

Pengaruh Komentar Spam Terhadap SEO

Komentar merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari halaman post, itu menunjukkan suatu reaksi atau tanggapan pengunjung bagi artikel yang telah kita publikasikan.

Namun mereka seringkali menempatkan URL ketika berkomentar, sehingga tidak relevan bahkan berisiko membahayakan SEO Anda.

Dalam pembaruan algoritme, Google telah membuat kebijakan baru terkait spam komentar, jadi dapat menurunkan peringkat/rank Anda.

Agar tidak dihitung sebagai backlink, maka Sobat bisa mempertimbangkan sistem komen yang ramah SEO, dan caranya sebagai berikut.

Baca Juga: 3 Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link di Blogger

2 Cara Mencegah Komentar Spam di Blogger

Perhatikan langkah mudah membuat tag nofollow otomatis pada semua komen post untuk menangkal spam buat pengguna Blogger.

Metode Pertama

1. Masuk ke dashboard Blogger Anda > Tab menu Tema > Edit HTML > Temukan kode ini (Gunakan CTRL+F supaya mempermudah pencarian).


expr:href= 'data:post.createLinkUrl'

2. Selanjutnya, tambahkan kode berikut tepat di posisi atasnya.


rel='nofollow external'

3. Sehingga akan terlihat secara keseluruhan menjadi seperti contoh dibawah > Save template Agan.


rel='nofollow external'
expr:href='data:post.createLinkUrl'

Metode Kedua

Kembali ke opsi edit template HTML > Lalu masukkan script ini tepat dibagian atas kode </body> > Simpan tema > Done.


<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/><script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<span>Peringatan: Link aktif otomatis akan terhapus</span>"); }); </script>

Penutup

Dengan memasukkan tag nofollow dan script tambahan diatas, ini memberitahukan kepada Googlebot untuk tidak merayapi setiap link dalam komentar.

Demikian, Sobat akan terlindung dari masalah tautan beracun yang berpotensi menurunkan peringkat situs di mesin pencarian.

Akhirnya cara menangkal komen spam otomatis ini bisa diterapkan juga pada Blogger Anda secara mudah dan aman.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mencegah Komentar Spam Otomatis di Blogger"